Harkitnas 2024 Menggelorakan Semangat dan Kekuatan untuk Bangkit

Harkitnas 2024 menggelorakan semangat dan kekuatan untuk bangkit - Tanggal 20 Mei, setiap tahun diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas). Pada tahun 2024 ini diperingati Harkitnas yang ke- 116. Dalam sejarah perjuangan bangsa diketahui, Harkitnas berkaitan dengan organisasi kepemudaan Budi Utomo, sebuah organisasi ekonomi, sosial dan budaya yang didirikan 20 Mei 1908.

Ilustrasi gambar Tangkapan layar (Matrapendidikan.id)

Kehadiran organisasi Budi Utomo merupakan starting point kebangkitan bangsa dalam membangun kesadaran dalam mengatasi permasalahan bangsa serta melepaskan diri dari penjajahan.

Berkaitan dengan kondisi kekinian, peringatan Harkitnas ke- 116 tahun 2024 akan menjadi motivasi bagi masyarakat dan bangsa Indonesia dalam mengatasi permasalahan yang dihadapi saat ini. 

Tema Harkitnas tahun 2024 adalah "Bangkit untuk Indonesia Emas". Melalui tema ini diharapkan dapat memicu nilai semangat dan kekuatan untuk bangkit menuju Indonesia Emas.

Pendidikan merupakan salah satu sektor yang mendapat perhatian pemerintah. Kualitas pendidikan akan menentukan kualitas sumber daya manusia yang handal guna menuju Indonesia Emas.

Semangat dan kekuatan semua unsur pendidikan akan dikuatkan melalui peringatan Harkitnas 2024. Kurikulum menjadi jembatan bagi pelajar guna mewujudkan pendidikan bermutu. Kurikulum Merdeka yang saat ini diberlakukan dapat mewujudkan Indonesia Emas melalui guru yang profesional dan fasilitas pendidikan yang memadai.

Kurikulum Merdeka ditandai dengan kegiatan P5 (Projek Penguatan Profile Pelajar Pancasila). Para guru saat ini telah dan sedang program ini dengan meningkatkan pemahaman dalam menerapkan Kurikulum Merdeka.

Muaranya adalah bagaimana P5 terlaksana secara optimal sehingga tercapai tujuan kurikulum tersebut sebagaimana mestinya. Dan semua proses ini membutuhkan motivasi berupa nilai semangat dan kekuatan mengefektifkan Kurikulum Merdeka.***