Nonton Bareng Literasi Digital di sekolah Tingkatkan Hak dan Tanggung Jawab di Dunia Digital

Nonton bareng literasi digital di sekolah tingkatkan hak dan tanggung jawab di dunia digital- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI menyelenggarakan Nonton Bareng (Nobar) Wilayah Sumatera dengan tema Belajar Hak dan Tanggung Jawab di Dunia Digital. Nobar ini diikuti secara online oleh guru, tenaga kependidikan dan siswa di Kabupaten Tanah Datar, Kamis (30/05/24).
Ilustrasi gambar nonton bareng makin cakap digital (dok smpn2lb/ Matrapendidikan.id)


Di SMPN 2 Lintau Buo, Kegiatan Nobar Makin Cakap Digital ini di tempatkan di Mushalla Nurul Ilmi. Nobar ini bertujuan untuk memberikan edukasi tentang literasi digital dengan cara yang sederhana.

Narasumber Makin Cakap Digital antara lain Januar Pempri (Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Datar), Hamsar Hasfat MPd (Pengembang Teknologi Pembelajaran) dan Junaedi Akbar (Ceo Bizbuzz Indonesia) dengan moderator Devi Anggraeni.

Dari kegiatan Nobar disimpulkan ada 4 pilar literasi digital, yaitu :  Interaksi, Partisipasi, Kolaborasi dan Kontrol Diri.

Tema yang diusung dalam Nobar berdurasi 2 jam ini adalah Belajar Hak dan Tanggung Jawab di Dunia Digital.

Berkaitan dengan pembelajaran, literasi digital akan meningkatkan kesadaran akan hak dan tanggung jawab di dunia digital. Dengan demikian efisiensi dan produktivitas meningkat dalam proses pembelajaran.

Bagi guru, literasi digital bermanfaat untuk meningkatkan kreativitas dalam pembelajaran serta mempermudah akses ke sumber belajar.

Sementara itu bagi siswa, literasi digital ini bermanfaat untuk meningkatkan akses ke informasi dan pembelajaran yang lebih luas ***