Tujuan dan Manfaat Lokakarya Pendidikan di Sekolah
Tujuan dan manfaat lokakarya pendidikan di sekolah - Tahun pelajaran 2023/2024 sudah di penghujung dan itu berarti tahun pelajaran baru 2024/2025 sudah menunggu. Setiap sekolah akan menyambut tahun pelajaran baru tersebut dengan berbagai persiapan. Salah satu persiapan dimaksud adalah lokakarya pendidikan di sekolah. Pesertanya adalah pendidik, tenaga kependidikan, peserta didik, komite sekolah dan pihak pemerintah setempat.
Lokakarya pendidikan akan melahirkan sebuah rumusan yang disebut Kurikulum Satuan Pendidikan (KSP). KSP akan menjadi pedoman dan panduan bagi sekolah dalam menjalankan program pendidikan pada tahun pelajaran yang akan dijalani.
Tujuan lokakarya pendidikan
Lokakarya sebagaimana
dikutip dari Wikipedia.org adalah pertemuan yang dilakukan oleh beberapa orang
dalam satu instansi tertentu untuk membahas suatu masalah yang terkait dengan
keahlian sekaligus menemukan solusi bagi permasalahan tersebut.
1.Meningkatkan mutu
pendidikan di sekolah yang mengacu pada SNP (Standar Nasional Pendidikan) yang
ditetapkan oleh BNSP (Badan Standar Nasional Pendidikan).
2.Membicarakan kegiatan
dan program yang menjadi unggulan di sekolah
3.Menghasilkan pedoman
yang menjadi panduan dalam melaksanakan program sekolah’
Untuk mengadakan
lokakarya, kepala sekolah perlu menugaskan para guru dan tenaga kependidikan
untuk melaksanakan lokakarya dalam struktur Panitia Lokakarya Pendidikan di
Sekolah bersangkutan.
Selain itu kepala
sekolah juga merencanakan dan menyusun Jadwal Kegiatan Lokakarya yang lazim
dilaksanakan selama 2 atau 3 hari. Dalam jadwal kegiatan ini sudah ada rincian kegiatan dan materi kegiatan yang
terpilih beserta narasumber yang berkompeten.
Meskipun demikian ada 3
kegiatan penting yang akan dikerjakan selama lokakarya;
1.Evaluasi program
kegiatan tahun sebelumnya
Evaluasi program
sebelumnya adalah merefleksi program yang telah dilaksanakan pada tahun
pelajaran sebelumnya. Kepala sekolah misalnya memaparkan kembali dokumen KOSP
dan sekaligus membicarakan mana program yang sudah berjalan dan mana pula
program yang belum terlaksana.
Yang lebih penting
adalah menelisik mengapa program yang sudah disusun belum berjalan dan mencari
tahu apa solusinya. Jika terasa sulit mencarikan alternatif solusi maka perlu
dicarikan alternative program penggantinya. Alangkah bijak jika mengganti
program yang sulit diterapkan daripada memaksakannya.
2.Menyusun program
kegiatan
Peserta lokakarya secara bersama-sama akan memikirkan program sekolah satu tahun ke depan dengan berpedoman pada kebutuhan sekolah.
Dalam lokakarya perlu ditetapkan penanggungjawab setiap program yang dibuat dan strategi pelaksanaannya.
Setiap butir kegiatan yang direncanakan dirumuskan programnya, dan penanggungjawabnya ditetapkan dengan SK Kepala Sekolah.
3.Menetapkan pembagian
tugas pendidik
Penetapan pembagian tugas dan beban mengajar guru merupakan kegiatan penting dalam lokakarya pendidikan di sekolah. Pembagian tugas pendidik mempedomani Permendikbud Nomor 15 Tahun 2018 tentang Pemenuhan Beban Kerja Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah.
Manfaat lokakarya pendidikan
1.Memperbaharui wawasan
guru.
Ketika lokakarya maka
narasumber akan memberikan paparan materi sesuai dengan kebutuhan guru. Dalam
hal ini tentu saja guru akan mendapat tambahan informasi dan pengetahuan baru
sesuai dengan tupoksinya. Hal ini tentu guru akan dapat meng-upadate
informasinya sesuai dengan perkembangan terbaru.
2.Memahami tugas dan
tanggungjawabnya dalam satu tahun ke depannya.
Setelah paham dengan tugasnya diharapkan masing-masing guru dapat melaksanakan tugas tersebut dengan baik.
Terlebih dahulu guru akan dapat menyusun rencana dan program kegiatan
tentang tugas tersebut, apakah tugas mengajar atau tugas tambahan lainnya.
3.Meningkatkan
kebersamaan dan kerjasama.
Melalui lokakarya maka
semua stakeholder yang ada akan duduk secara bersama dan memikirkan tentang
berbagai hal yang menyangkut kepentingan sekolah.
4.Meningkatkan
kompetensi guru.
Informasi dan materi
lokakarya terkini yang dibahas dapat meningkatkan kompetensi pendidik dalam melaksanakan
tugas
5.Menerapkan ilmu dan
informasi lokakarya
Melalui lokakarya, para
pendidik dapat mempersiapkan diri dengan baik untuk mengimplementasikan ilmu dan informasi yang diperolehnya.***