MTQ Nasional ke- 42 Tingkat Kabupaten Tanah Datar Tahun 2024 Wahana Mengagungkan Al Qur'an!

MTQ nasional ke- 42 tingkat kabupaten tanah datar 2024 wahana mengagungkan Al Quran! - Saat ini tengah berlangsung MTQ Nasional Tingkat Kabupaten Tanah Datar ke- 42 Tahun 2024 di Kecamatan Rambatan. MTQ ini sudah dibuka oleh Bupati Tanah Datar Eka Putra SE MM, Jumat (05/07/24). Ajang untuk mengagungkan Kitab Suci Al Qur'an ini akan berlangsung selama hari, 4 sd 8 Juli 2024.

Pembukaan MTQ Nasional ke- 42 Tingkat Kabupaten Tanah Datar di Kecamatan Rambatan (foto repro/ Matrapendidikan.id)

Informasi yang kami terima, MTQ Nasional ke- 42 Tahun 2024 ini diikuti oleh 886 kafilah utusan 14 Kecamatan dengan memperlombakan 12 Cabang lomba, 32 golongan lomba. Dilaksanakan pada 5 Nagari, 17 lokasi penyelenggaraan.

Ada beberapa catatan menarik dari pelaksanaan syiar Islam ini yang patut dikemukakan.

1.Usai musibah banjir bandang

MTQ dilaksanakan usai musibah bencana banjir bandang yang melanda kabupaten Luhak Nan Tuo, termasuk Kecamatan Rambatan.

Bukan semata karena Kecamatan Rambatan telah ditetapkan menjadi tuan rumah MTQ ke- 42 Tahun 2024 pada MTQ sebelumnya di Kecamatan Padang Ganting Tahun 2022 lalu. 

Bukan pula karena Kecamatan Rambatan meraih Juara Umum MTQ Nasional ke- 41 Kabupaten Tanah Datar 2022 di Kecamatan Padang Ganting.

Lebih dari itu, motivasi mengagungkan dan melafazkan Al Qur'an telah menjadi semangat untuk melaksanakan MTQ pasca musibah banjir bandang. Harapan masyarakat Kecamatan Rambatan khiususnya dan Kabupaten Tanah Datar pada umumnya, Allah SWT melindungi dan menjauhkan musibah di bumi Luhak Nan Tuo. 

2.MTQ tolok ukur pembelajaran Al Qur'an

MTQ bertujuan untuk mensyiarkan agama Islam, menjaring kafilah terbaik, menjadi spirit untuk silaturrahmi dan menggiatkan pembangunan.

Pembelajaran Al Qur'an di lembaga pendidikan formal dan non formal serta di lingkungan keluarga  masih menjadi fokus utama. Al Qur'an bukan sebagai pajangan semata melainkan yang lebih penting adalah untuk dilafazkan, dipahami dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

3.Evaluasi MTQ kabupaten tanah datar

Tahun 2022 lalu dilaksanakan MTQ Nasional ke- 42 Tingkat Kabupaten Tanah Datar di Kecamatan Padang Ganting. Sementara itu Kecamatan Rambatan berhasil menempati Juara Umum sehingga ditetapkan menjadi tuan rumah pada momen yang sama di Tahun 2024 ini.

Penyelenggaraan MTQ kali ini pasca musibah banjir bandang. Musibah banjir bandang diharapkan tidak menyurutkan motivasi tuan rumah dan kafilah untuk mempertahamkan gelar juara umum tersebut. 

Disisi lain, MTQ Nasional Tingkat Provinsi ke- 40 Tahun 2023 lalu di Kabupaten Solok Selatan, Kabupaten Tanah Datar harus puas di peringkat 8. Tentu saja, pada MTQ Nasional ke- 41 Tingkat Provinsi di Kota Bukittinggi Tahun depan, prestasi tersebut diharapkan menjadi lebih baik.

Bahkan kalau perlu Kabupaten Tanah Datar berhasil merebut Gelar Juara Umum yang di pegang oleh Kabupaten 50 Kota pada MTQ sebelumnya di Kabupaten Solok Selatan Tahun 2023 lalu.

Semoga.!*** (Tim Matrapendidikan.id)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel