Berbagi Praktik Baik Budaya Positif Melalui Webinar Kombel Guru Belajar Lintau IX Koto Tanah Datar

Berbagi praktik baik budaya positif melalui webinar kombel guru belajar lintau lintau IX Koto Tanah Datar- Zulfikar SPd, salah seorang CGP Angkatan 11 Tahun 2023 menjadi narasumber pada Webinar yang diselenggarakan oleh Kombel Lintau IX Koto Kabupaten Tanah Datar, Sabtu siang (24/08/24).

Narasumber berbagi praktik baik di Kombel Lintau IX Koto Tanah Datar (Matrapendidikan.id)

Guru mata pelajaran Bahasa Indonesia yang juga wakil kepala SMPN 2 Lintau Buo itu dalam pencerahannya lebih memusatkan pada praktik baik budaya positif di sekolah dan contoh penerapannya.

Salah satu budaya baik yang penting ditekankan adalah disiplin positif dalam pembelajaran. Siswa yang sering terlambat masuk belajar dan tidak mengerjakan pekerjaan rumah (PR) merupakan kasus yang sering terjadi.

"Sanksi yang mungkin diberikan guru lebih baik diganti dengan istilah kesepakatan. Penerapannya adalah melalui segi tiga restitusi" papar CGP Angkatan 11 Tahun 2023 itu.

Teori restitusi dalam pendidikan adalah proses menciptakan kondisi untuk memperbaiki kesalahan siswa dalam mengatasi masalah disiplin positif dalam belajar.

"Siswa merasa tidak dihakimi namun berusaha kembali untuk menghindari pelanggaran disiplin dalam belajar," tukuk Zulfikar SPd.

Bagian sebelumnya Zulfikar SPd telah menjabarkan perubahan paradigma belajar, disiplin positif, teori motivasi, hukuman, penghargaan dan restitusi. Selanjutnya masalah keyakinan kelas dan 5 posisi kontrol. 

Webinar perdana dan sertifikat

Webinar Berbagi Praktik Baik di Platform Merdeka Mengajar (PMM) Tentang Pemahaman dan Penerapan Budaya Positif itu diselenggarakan oleh Kombel (Komunitas Belajar) Guru Belajar Lintau IX Koto Kabupaten Tanah Datar Sumbar.

Koordinator Kombel Lintau IX Koto Tanah Datar Isral SPd (Matrapendidikan.id)

Webinar yang dipandu moderator Edi Syamsul dibuka oleh Kepala SMPN 2 Lintau Buo Syafrida SPd setelah memperdengarkan lagu Indonesia Raya.

"Semoga webinar yang diselenggarakan oleh Kombel Lintau IX Koto ini berjalan lancar, sukses dan terwujud misinya serta mampu meningkatkan kompetensi para guru hebat di negeri ini," sebut kepala sekolah dalam sambutannya antara lain.

Sementara itu koordinator Kombel Isral SPd memberikan sambutan dengan harapan berkontribusi dalam meningkatkan kompetensi guru dan berpartisipasi membagi praktik baik di sekolah masing-masing.

Sekretaris Kombel Lintau IX Koto Tanah Datar (Matrapendidikan.id)

"Besar harapan kami agar kehadiran Kombel Lintau IX Koto Kabupaten Tanah Datar ini berkembang dan yang lebih penting lagi meningkatkan kompetensi para guru serta berbagi praktik baik yang sudah diterapkan oleh bapak dan ibuk guru hebat," ujar Koordinator Kombel Lintau IX Koto.

Para peserta yang mengikuti Webinar dan sudah mengisi formulir repleksi Webinar akan memperoleh sertifikat Webinar gratis dari penyelenggara.

Webinar perdana Kombel Lintau IX Koto ini mengalami sedikit masalah teknis di awal waktu namun kolaborasi penyelenggara dengan pihak yang sudah kompeten akhirnya terlaksana sebagaimana mestinya.

Sementara itu pihak penyelenggara akan berusaha menyempurnakan proses Webinar selanjutnya dengan dibantu oleh para guru hebat.***

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel