HUT RI ke- 79 Tahun 2024, Semangat Baru untuk Mencapai Tujuan Bersama

HUT ri ke 79 tahun 2024, Semangat baru untuk mencapai tujuan bersama – Kemerdekaan merupakan hak setiap bangsa yang ada di dunia. Indonesia sebagai salah satu bangsa sudah memiliki hak tersebut sejak 17 Agustus 1945. Kemerdekaan sebagai hak segala bangsa dapat juga kita temui dan baca pada teks Pembukaan UUD 1945 alenia pertama.

Ilustrasi gambar : Semangat baru mencapai tujuan bersama (dok.smpn2lb/ Matrapendidikan.id)

 “Bahwa sesungguhnya Kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan.

Dan perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia telah sampailah kepada saat yang berbahagia dengan selamat sentausa mengantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan Negara Indonesia, yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Atas berkat rakhmat Allah Yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur, supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka rakyat Indonesia menyatakan dengan ini kemerdekaannya.

Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu Pemerintah Negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial, maka disusunlah Kemerdekaan Kebangsaan Indonesia itu dalam suatu Undang-Undang Dasar Negara Indonesia, yang terbentuk dalam suatu susunan Negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasar kepada Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang adil dan beradab, Persatuan Indonesia dan Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan, serta dengan mewujudkan suatu Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.”

Setiap warga bangsa Indonesia yang pernah bersekolah dan menjadi pegawai negeri sipil maupun swasta serta profesi lainnya sudah hafal teks Pembukaan UUD 1945 tersebut.

HUT RI ke- 79 Tahun 2024 sudah diambang pintu. Dari tahun ke tahun peringatan HUT RI kita selalu berharap, peringatan HUT RI tidak hanya sekadar seremonial. Lebih dari itu bagaimana bangsa Indonesia dapat memaknai dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Dari mulut ke mulut, bahkan dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia dan bangsa lain, kemerdekaan itu benar-benar suatu rahmat dari Yang Maha Kuasa. Betapa tidak enaknya menjadi bangsa yang dijajah dan dikuasai oleh bangsa lain.

Penderitaan secara psikis dan fisik sudah dirasakan pahitnya oleh pendahulu-pendahulu kita. Maka kini, di peringatan HUT RI ke-79 Tahun 2024 ini tidak ada salahnya kita memperbaharui tekad untuk menghormati jasa para pahlawan dengan mendoakannya serta mengisi kemerdekaan ini dengan berbagai kegiatan positif demi kemajuan dan kejayaan NKRI.

Peringatan HUT RI ke- 79 mengangkat tema : “Nusantara Baru Indonesia Maju”. Sehubungan dengan tema ini, ada 3 peristiwa penting yang patut kita catat yaitu; menyongsong Ibu Kota baru, pergantian pemimpin, serta Indonesia Emas 2045. 

Tujuan ketiga momen itu mesti kita dukung dengan semangat baru serta memperkokoh persaudaraan sesuai semboyan, Bersatu Kita Teguh Bercerai Kita Runtuh.

Mari kita sambut HUT RI ke- 79 dengan gembira, penuh semangat dan rasa cinta tanah air yang menggebu-gebu. Dirgahayu RI ke- 79 17 Agustus 2024.*** (Tim Matrapendidikan.id)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel