ANBK Jenjang SMP Hari Ini Aspek Literasi dan Survei Karakter

ANBK jenjang SMP hari ini aspek literasi dan survei karakter - Ujian ANBK (Asesmen Nasional Berbasis Komputer) jenjang SMP secara Nasional mulai berlangsung hari ini, Senin (09/09/24). Ujian dimaksud adalah AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) aspek literasi dan aspek Survey Karakter.

Spanduk ANBK di depan ruang ujian Laboratorium Komputer sekolah (dok smpn2lb/ Matrapendidikan.id)

Selanjutnya AKM numerasi dan Survey Lingkungan Belajar akan berlangsung keesokan harinya.

Sementara itu, UPT SMPN 2 Lintau Buo Kab. Tanah Datar juga melaksanakan ANBK pada hari ini. Zulfikar SPd, salah seorang panitia ANBK kepada Matrapendidikan.id mengatakan bahwa ujian akan berlangsung dua hari, Senin dan Selasa.

Bakal PLT Kepala UPT SMPN itu juga menjelaskan bahwa ujian ANBK menerapkan sistem 3 shift.

"Kita menerapkan sistem 3 shift dan untuk shift pertama berjalan lancar," sebut Zulfikar SPd saat diwawancarai.

Zulfikar SPd lebih jauh menyebutkan bahwa ANBK bukan menentukan kelulusan siswa. 

"ANBK itu untuk mengukur kualitas proses pendidikan di sekolah kemudian dianalisis oleh guru untuk perbaikan," imbuh Zulfikar SPd.

Pada akhir wawancara Zulfikar SPd mengharapkan agar siswa serius mengikuti ujian ini sehingga hasilnya mencerminkan kondisi sekolah yang sebenarnya.

Kepala UPT SMPN 2 Lintau Buo Syafrida SPd sebelumnya berharap kepada guru dan tenaga kependidikan agar ANBK tahun ini berjalan dengan aman dan lancar.

"Semoga bapak dan ibuk mendukung ujian ANBK agar berjalan aman dan lancar." sebut Syafrida SPd dalam briefing majelis guru dan pegawai beberapa waktu lalu.

Waka Kurikulum Isral SPd sudah mewanti peserta ANBK supaya mengikuti ujian dengan baik.

"Ujian ANBK tahun 2024 ini menggunakan kamera komputer ujian. Tindak tanduk anak-anak kami selama ujian akan terpantau melalui kamera tersebut sehingga perlu sikap dan tingkah laku yang baik saat mengerjakan ujian," ujar Isral SPd.

Ujian ANBK diawasi oleh pengawas dengan sistem silang dengan sekolah lainnya. Selain itu juga didampingi oleh proktor dan teknisi ANBK.***

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel