H-5 PON XXI Aceh-Sumut, Dishub Sumut Mobilisasi 1.853 Atlit, Official dan Kontingen

H-5 PON XXI Aceh-Sumut, Dishub Sumut Mobilisasi 1.853 Atlet, Official dan Kontingen - (Medan) Dinas Perhubungan Sumatera Utara (Dishub Sumut) mengintensifkan mobilisasi atlet, official, dan panitia pelaksana (panpel) cabang olahraga serta kontingen daerah menjelang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024.

Hingga Selasa (3/9/2024), sebanyak 1.853 orang telah dimobilisasi dari dan ke Bandara Kualanamu (KNIA), hotel-hotel akomodasi, dan venue pertandingan di wilayah Sumatera Utara.

Proses mobilisasi ini melibatkan 180 kendaraan yang mengangkut para atlet, official, dan panpel menuju berbagai lokasi penting, termasuk Radisson Hotel, Karibia Hotel, Hotel Grand Antares, Wings Hotel, Hotel Griya, Travel Biz, dan Sky View, serta venue pertandingan seperti GOR Disporasu, Gedung Serbaguna Unimed, Lapangan Cerdas Lubuk Pakam, Martial Arts Arena, Kolam Renang, dan Mikie Holiday.

Sementara, khusus hari ini, Selasa, 3 September 2024, Dishub Sumut melanjutkan mobilisasi sebanyak 1.263 orang dari berbagai titik penjemputan (pick up) ke lokasi tujuan (drop off) untuk kegiatan latihan dan pertandingan cabang olahraga seperti sepak bola putri, balap sepeda MTB, hookie indoor, senam ritmik, futsal, cricket, barongsai, dan polo air.

Dishub Sumut mengoperasikan 112 unit armada melekat dan 90 unit armada shuttle untuk memastikan kelancaran transportasi.

Kadishub Sumut, Agustinus Panjaitan mengatakan, Bidang Transportasi terus berkoordinasi dengan pihak terkait untuk memastikan kelancaran mobilisasi para peserta PON.

"Secara umum proses mobilisasi berjalan baik, namun kita masih menghadapi beberapa kendala, seperti kedatangan tamu di luar jadwal yang telah ditentukan, yang memerlukan penanganan khusus karena armada telah terdistribusi sesuai jadwal," ungkap Agustinus.

Ia juga menyebutkan, kemacetan lalu lintas akibat cuaca hujan deras menjadi tantangan tambahan yang harus diatasi.

Dishub Sumut Aktifkan Command Center

Untuk mendukung mobilisasi, Dishub Sumut telah mengaktifkan Command Center sebagai pusat kendali transportasi. Melalui Command Center ini, pergerakan seluruh armada dapat dipantau secara real-time dengan menggunakan GPS yang dipasang pada setiap kendaraan.

"Command Center ini sangat membantu dalam pengawasan dan koordinasi operasional, sehingga kita dapat segera merespons jika ada kendala atau kebutuhan mendesak di lapangan," jelas Agustinus.

Setiap pengemudi juga diwajibkan menginstal aplikasi Transponsumut untuk memudahkan komunikasi dan pemantauan. Dukungan sistem manajemen fleet dan aplikasi Transponsumut memastikan mobilisasi berjalan lancar dan aman.

Perencanaan dan Pengaturan Lalu Lintas Dioptimalkan

Selain mobilisasi atlet, official dan panpel cabor serta dan peralatan olahraga, Dishub Sumut juga terus mengoptimalkan pengaturan lalu lintas di sekitar venue dan jalur-jalur utama yang berpotensi macet, seperti Jalan Pancing, Jamin Ginting, dan Jalan Sisingamangaraja.

Langkah ini diambil untuk mendukung kelancaran rangkaian kegiatan PON XXI/2024 di Sumatera Utara.

"Dengan pengaturan dan penambahan armada yang kami operasikan, kami berharap rangkaian kegiatan PON di Sumatera Utara dapat berjalan dengan lancar dan sukses," tutup Agustinus.*** (Gunawan Hutajulu)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel