Mencoba Berendam di Pemandian Air Panas Padang Ganting

Mencoba Berendam di pemandian air panas padang ganting - Di Sumatera Barat, cukup banyak tempat pemandian air panas. Sebutlah kolam pemandian air panas Bukit Kili dan Bukik Gadang, keduanya di Kabupaten Solok. Sumber air panas itu berasal dari Gunung Talang.

Area Pemandian Aie Angek Padang Ganting (Foto Wikipedia/ Matrapendidikan.id)

Lain lagi dengan kolam pemandian air panas yang satu ini, Kolam Pemandian Aie Angek Padang Ganting, Kabupaten Tanah Datar Sumbar. Air panas kolam pemandian itu berasal dari pusat bumi!

Selain itu masih banyak keunikan dari pemandian air panas Aia Angek Padang Ganting ini. Salah satunya adalah berendam di Aia Angek Padang Ganting dapat menyembuhkan berbagai penyakit. 

Sebutlah penyakit sakit kepala, kulit, pegal-pegal, rematik, stroke dan lain sebagainya. Admin jadi penasaran.

Oleh sebab itu Admin mencoba ikut dan mandi bersama dua orang teman, Mas Teki dan Subir di kolam pemandian Air Angek tersebut. Berikut ulasan sekadar share untuk pengunjung yang budiman!

Pemandian Air Panas Padang Ganting terletak di Koto Gadang Hilir Kecamatan Padang Ganting Kabupaten Tanah Datar Sumbar.

Area kolam pemandian air panas Aia Angek Padang Ganting tidak terlalu luas. Dilengkapi tempat parkir roda dua maupun roda empat.

Ada 6 kolam tersedia di pemandian air panas Padang Ganting ini, sesuai dengan temperatur air. Tiga kolam untuk laki-laki dan 2 kolam untuk wanita.

Sementara 1 kolam adalah sumur induk dengan air yang paling panas, suhu airnya antara 50 sd 80 derajat Celcius.

Tempat pemandian atau berendam laki-laki terdiri 3 kolam dengan derajat panas yang berbeda.

Konon kabarnya, pada hari Selasa dan Sabtu, tingkat suhu air meningkat dari pada biasanya.

Selama berada di kolam pemandian, pengunjung perlu membaca peraturan yang dipajang di dinding bagian dalam maupun bagian luar pemandian. 

Misalnya dilarang m*r*kok, meludah. Selain itu bagi yang baru mencoba mandi disini, pilih tempat yang suhunya yang tidak terlalu panas, jangan nyemplung langsung. Sebaiknya perut jangan kosong sebelum mandi. Isilah perut sebelum berendam di kolam air panas.

Kenapa air kolam pemandian terasa panas? Dalam pelajaran anak sekolah, jika suhu lingkungan terasa panas berarti suhu tubuh lebih rendah dari suhu lingkungan tersebut.

Sebaliknya jika tubuh menggigil karena kedinginan berarti suhu tubuh lebih tinggi dari suhu lingkungan.

Itu sebabnya pengunjung dihimbau untuk tidak langsung mencelupkan tubuh ke dalam air kolam pemandian.

Sebaiknya mulai berangsur-angsur, mulai dari telapak kaki, pinggang dan seterusnya. Tindakan ini menyesuaikan diri suhu air dengan suhu air kolam. Dan, ini butuh waktu! 

Saat adaptasi suhu tubuh atau berendam, pengunjung dapat bercengkrama dengan pengunjung lain. 

Pengunjung destinasi wisata sekaligus terapi ini tidak hanya dalam wilayah Sumbar melainkan juga berasal dari luar provinsi.

Malam Minggu itu, Admin bertemu dan bercengkrama dengan pengunjung dari Air Tiris Riau, Bukittinggi dan Payakumbuh.

Kebetulan, admin juga berjumpa di kolam pemandian Air Angek dengan 2 orang wasit Askab PSSI Tanah Datar Ebit G dan Yoanda Dwi Putra. Keduanya merupakan putra Nagari Padang Ganting sendiri.

Usai mandi di kolam pemandian Air Panas Aia Angek, pengunjung akan berkeringat dan bisa rehat sejenak di warung penduduk di area pemandian sambil ngopi atau mencicipi penganan Lapek Padang Ganting yang enak dan nikmat.***

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel