Seminar Nasional untuk Peningkatan Kompetensi Guru

Seminar nasional untuk peningkatan kompetensi guru - Dua ribuan anggota PGRI Kabupaten Tanah Datar, Sumbar telah mengikuti Seminar Nasional di Auditorium Kampus II UIN Mahmud Yunus Batusangkar Sabtu lalu (14/09/24). Apa yang diharapkan guru dan pihak penyelenggara dari kegiatan seminar berskala nasional ini?

Seminar Peningkatan Kompetensi Guru di Auditorium Kampus II UIN Mahmud Yunus Batusangkar (Ijunk Fikar/ Matrapendidikan.id)

Tema seminar yang diselenggarakan oleh PGRI Kabupaten Tanah Datar itu adalah Peningkatan Kompetensi untuk Mewujudkan Kesejahteraan Guru dan Tenaga Kependidikan. 

Mencermati tema dan penyelenggaranya kita berkesimpulan bahwa kompetensi guru berkaitan erat dengan kesejahteraannya. Dan, kesejahteraan guru justru sangat mempengaruhi kompetensinya. Oleh sebab itu pihak PGRI secara berkesinabungan akan memperjuangkan kesejahteraan para guru dan tenaga kependidikan. 

Kompetensi guru memang harus selalu ditingkatkan seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi digital saat ini. Guru mutlak menyesuaikan diri dengan penggunaan media digital yang semakin marak. Informasi materi keilmuan sudah dapat diakses dimana saja dan kapan saja. Perangkat komputer/laptop dan mobile serta akses jaringan internet mesti dekat dengan kehidupan guru.

Tidak hanya akses informasi dan keilmuan. Media digital sudah harus merambah ruang kelas. Guru melaksanakan kegiatan pembelajaran mesti menggunakan perangkat dan media digital tersebut.

Banyak aplikasi yang dapat digunakan guru. Sebutlah canva, yang dipelajari dan digunakan guru untuk merancang dan membuat perangkat dan media pembelajaran di kelas.

Perangkat dan media pembelajaran mesti diupload di aplikasi Platform Merdeka Mengajar (PMM). Administrasi lainnya sudah bersifat online melalui platform digital yang dipilih pihak berkompeten, Semua itu sebagai bentuk pertanggungjawaban tugas prosesi guru. 

Kompetensi guru memang tidak semata dapat meningkatkan kesejahteraan guru. Lebih dari itu adalah mempermudah dan mengefektifkan kerja guru dalam pembelajaran.

Kenapa tidak?

Pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa berawal dari kompetensi guru dalam pengelolaan pembelajaran. Media digital akan memudahkan guru untuk mewujudkan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan.

Namun itu semua tentu saja berlaku untuk sekolah yang memiliki akses jaringan internet dan fasilitas perangkat yang memadai.

Dan, seminar nasional yang diselenggarakan oleh PGRI Tanah Datar hanyalah sebuah contoh upaya organisasi guru dalam meningkatkan kompetensi guru. Sertifikat seminar dan bertambahnya wawasan keilmuan adalah harapan guru dalam mengikuti seminar ini. ***

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel