Membuat Pelupuh Sebagai Alas Tenda Perkemahan Pramuka

Membuat pelupuh sebagai alas tenda perkemahan pramuka - Postingan ini hanya sekedar share secuil pengalaman admin Matrapendidikan.id buat pengunjung yang budiman, sekaligus bernostalgia mengingat masa lalu! (Wah, nostalgia nih yee...?)

Membuat pelupuh untuk lantai tenda perkemahan Pramuka (Rocestri MPd/ Matrapendidikan.id)

Berawal dari suatu pekerjaan membuat pelupuh yang ditugaskan oleh Pembina Pramuka yang juga sekaligus Waka Kesiswaan, Rocestri MPd. (Siap buk komendan...!)

Pelupuh ini akan digunakan untuk lantai alas tenda perkemahan Pramuka dalam Jambore Kepramukaan Kwarda 0304 Tanah Datar di Pagaruyung Batusangkar. Tentunya dengan senang hati Admin siap untuk mengerjakannya.

Dulunya, dangau atau saung di sawah, kebun, bahkan rumah tinggal di Minangkabau, sering dilantai dengan pelupuh. Pelupuh (baca : palupuah, admin), adalah batang bambu yang diolah menjadi bentuk pipih sehingga bisa disusun dan dimanfaatkan untuk lantai dan dinding.

Batang bambu yang berdiameter hanya sekian sentimeter, bisa menjadi lebih lebar. Caranya, setiap buku pada ruas bambu dikampak atau dicencang dengan kampak yang tidak terlalu tajam.

Bisa juga bambu dibelah menjadi dua sehingga bentangannya nanti menjadi dua lembar lantai. Namun Admin tidak melakukan hal demikian agar tidak merepotkan sewaktu penggunaannya nanti.

Bambu yang sudah menjadi beberapa helai pelupuh sebaiknya dibentang telungkup di atas rumput.

Jika kena panas matahari atau hujan, pelupuh akan kuat dan tahan lama. Bambu memiliki serat selulosa yang baik sehingga dapat awet dan tahan lama serta fleksibel.

Nah, bila pengerjaan pelupuh bambu ini lebih rapi maka lantai pelupuh ini bisa digunakan berulang-ulang dijadikan sebagai alas lanti tenda kemah pramuka.***

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel